Situs Slot Forza77

Dampak Varian Omicron Terhadap Bursa Saham Global

Varian baru COVID-19 Omicron menjadi perhatian khusus sejak ditemukannya kasus baru. Peristiwa ini memicu sejumlah negara untuk kembali membatasi perjalanan dan memperketat keamanan dan peraturan serta SOP yang cukup rumit. Bukan hanya itu, bursa saham pun kembali ikut terguncang dengan adanya virus varian baru ini. Menurut jurnalis Forz77 pemerintah indonesia sudah mulai memperpanjang karantina yang awalnya 3 hari kembali menjadi 10 hari. Peraturan ketat juga sudah mulai diberlakukan kembali untuk mall, restoran dan tempat hiburan lainnya. 

Sejak kasus pertama varian omicron sontak bursa saham global langsung turun sebanyak tiga persen, mengimbaskan obligasi Amerika Serikat bertenor sepuluh tahun menjadi 1,4 persen. Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dipastikan merosot sebanyak 2 persen seiring kabar tersebut. Indonesia diketahui belum meningkatkan aktivitas pembatasan yang ketat dan signifikan, aktivitas makro pada kuartal IV 2021 akan lebih meningkat dibandingkan kuartal III 2021. Inflasi pada bulan Oktober – NOvember 2021 cenderung naik drastis. Inflasi yang terus naik mencerminkan permintaan yang semakin tinggi. 

Penyebaran virus omicron ini membuat koreksi lebih lanjut terhadap pasar saham akan adanya imbas baru tersebut yang menjadi kesempatan masuk pasar saham dengan valuasi saham yang cukup menarik. Meskipun belum menandakan adanya overheating, masyarakat berharap akan pemulihan ekonomi indonesia yang akan membaik dan terus berlanjut dengan baik hingga tahun 2022. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *